You are here > Home
Tue 21 Oct 2014

KONSULTASI ONLINE



kenapa pengurusan surat pindah tidak bisa diwakilkan?

Kategori KEPENDUDUKAN

Salam hormat,

Saya adalah suami dari seorang dokter umum yang baru saja diterima sebagai cpns pemprov jatim. Sesuai dengan SK, saat ini istri saya bertugas di RS Paru di Kab. Madiun. Beberapa waktu lalu kami mengurus surat pindah dari surabaya ke madiun (ke luar kota), tapi terhambat di kantor dispenduk kota surabaya karena tidak diperbolehkan pengurusan tsb diwakilkan. Jadi, istri saya sendiri yang harus datang ke kantor dispenduk kota surabaya untuk mengurus surat pindah tsb. Sementara saat ini istri saya sudah aktif bekerja di RS Paru kab. Madiun, sehingga sulit mencari waktu hari efektif untuk datang ke surabaya. Apakah tidak ada solusi untuk masalah ini, karena sampai sekarang istri saya tidak memiliki status kewarganegaraan yang jelas. KTP Kota Surabaya telah ditarik, sementara KTP kab Madiun belum disa diurus karena surat pindah masih terhambat di kantor dispenduk kota Surabaya.

Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Noor Syamsu K.

Nama noor syamsu k ( visitor ) Hits 1934
Terjawab solved Tanggal Ditambahkan 2011-05-24 16:50:03
JAWABAN
Jawaban Yang Diterima

Bahwa untuk pelaporan peristiwa kependudukan berdasarkan UU. No. 23 Tahun  2006 ttg Administrasi Kependudukan, pada pasal 26 :

1. Penduduk yang tidak mampu melaksanakan sendiri pelaporan terhadap peristiwa kependudukan yang menyangkut dirinya sendiri dpt dibantu oleh Instansi pelaksana atau meminta bantuan kepada orang lain;

2. ketentuan lebih lanjut mengenai pelaporan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diatur dalam Peraturan Presiden.

Peraturan Presiden No. 25/2008 ttg Tata Cara Persyaratan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil pasal 98 ayat 1 dan 2 :

1. penduduk yang tidak mampu melakukan pelaporan sendiri dalam pencatatan sipil dapat dibantu oleh instansi pelaksana/UPTD Instansi pelaksana atau meminta bantuan kepada orang lain;

2. Penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat 1 adalah penduduk yang tidak mampu karena faktor umur, sakit keras, cacat fisik/mental. Orang lain sebagaimana dimaksud pada ayat 1 adalah keluarganya atau orang lain yang diberi kuasa.

Selain alasan yang dusah diatur di UU. No. 23/2006 ttg Administrasi Kependudukan pasal 26 dan PERPRES  25/2008 ttg Tata Cara dan Persyaratan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil pada pasal 98 tidak dapat dilayani.

PenjawabFax dari Dispenduk Capil SurabayaTanggal Dijawab2011-05-24 16:50:03




Developed by Scrida Prest

Menu Lain

Quick Link

 

Data Pengunjung

Kami punya 31 tamu online
DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Dukuh Menanggal 124-126 - Surabaya
Telp./Fax. : 031-8284078, 8280254
E-Mail : disnakerprovjatim@yahoo.com
- Sebaiknya Menggunakan Browser Mozilla Firefox Dengan Resolusi 1280 x 1024 -