You are here > Home
Thu 02 Oct 2014

KONSULTASI ONLINE



Hak Karyawan THR

Kategori KETENAGAKERJAAN

Selamat Sore Bapak/ Ibu.

Saya ingin bertanya tentang pemberian THR yang serperti atur dalam Peraturan Menteri No.4 Thn 1994. Dimana sebagai berikut :

Pasal 2

1.      Pengusaha wajib memberikan T H R kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerus atau lebih.

2.      T H R sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 diberikan satu kali dalam satu tahun.

Pasal 3

1.      Besarnya THR sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 1 ditetapkan  sebagai berikut:

a.       pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih sebesar 1(satu) bulan upah.

b.      Pekerja yang mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerustetapi kurang dari 12 bulan diberikan secra proporsional dengan masa kerja yakni dengan perhitungan masa kerja/12 x 1(satu) bulanupah .

2.      Upah satu bulan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) adalah upah            pokok di tambah tunjangan-tunjangan tetap.

3.      Dalam hal penetapan besarnya nilai THR menurut Kesepakatan Kerja(KK), atau Peraturan Perusahaan (PP) atau Kesepakatan Kerja Bersama(KKB) atau kebiasaan yang telah dilakukan lebih besar dari nilaiTHR sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) maka THR yang dibayarkankepada pekerja sesuai dengan Kesepakatan Kerja, Peraturan Perusahaan, Kesepakatan Kerja Bersama atau kebiasaan yang telah dilakukan.

Pasal 4

1        Pemberian THR sebagaimana dimaksud pasal 2 ayat (2)disesuaikan dengan Hari Raya Keagamaan, masing-masing pekerja kecuali kesepakatan pengusaha dan pekerja menentukan lain.

2        Pembayaran THR sebagairnana dimaksud dalam ayat (1) wajibdibayarkan oleh pengusaha selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum Hari, Raya Keagamaan

Namun perusahaan saya menyampaikan bahwa saya tidak berhak mendapatkan THR karena masa kontrak kerja saya telah habis dan saya mengajukan pengunduran diri per tanggal 11 August. Masa kerja saya adalah ; tanggal masuk 2 agustus 2010 - 2 agustus 2011, saya menganggap saya mendapatkan THR sebagaimana mestinya.

Namun yang saya pertanyakan bahwa perusahaan saya tetep keras menyampaikan tidak berhak dengan alasan memakai pasal dari Per Menteri No.4 tahun 1994, sebagai berikut:

Pasal 6

1.      Pekerja yang putus hubungan kerjanya terhitung sejak waktu 30(tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaanberhak alas THR.

2.      Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tidak tidak berlaku bag pekerja daIam hubungan kerja untuk waktu tertentu yang hubungan kerjanya berakhir sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaan.

Saya dikenakan pada pasal 6 ayat dua krn saya karyawan kontrak.

Tolong bantu saya bapak/ibu, saya hanya berpegang pada pasal 2,3, 4 dan 6 ayat 1.

Perlu saya informasikan juga bahwa, 2 hari yang lalu saya mendengarkan radio mengenai himbauan pemberian THR yang berlaku juga pada karyawan outsourching / kontrak.

Demikian saya sampaikan, besar harapan saya atas jawaban yang dapat melegakan hati dan dapat membuat karyawan lain menerima hak- nya.

Mohon segera dapat dibalas pertanyaan saya pak/ibu.

 

Hormat saya,

Riani

Nama Riani ( visitor ) Hits 2131
Terjawab solved Tanggal Ditambahkan 2011-08-11 17:09:31
JAWABAN
Jawaban Yang Diterima

Masa kerja Saudara tgl 2 Agustus 2010 - 2 Agustus 2011, sedangkan mengundurkan diri per tgl 11 Agustus saya bisa menjawab pertanyaan saudara apabila kronologisnya sudah benar (datang saja ke Kantor Disnakertransduk Prov Jatim, Bidang HI)

PenjawabHerniTanggal Dijawab2011-08-11 17:09:31




Developed by Scrida Prest

Menu Lain

Quick Link

 

Data Pengunjung

Kami punya 46 tamu online
DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Dukuh Menanggal 124-126 - Surabaya
Telp./Fax. : 031-8284078, 8280254
E-Mail : disnakerprovjatim@yahoo.com
- Sebaiknya Menggunakan Browser Mozilla Firefox Dengan Resolusi 1280 x 1024 -