You are here > Home
Sat 25 Oct 2014

KONSULTASI ONLINE



Mengurus Surat Pindahan

Kategori KEPENDUDUKAN

Siang Pak,

Kenalkan saya dian. saya asli wonogiri jateng, saya ini baru saja menikah dengan pria dari bojonegoro.

Saat ini kami belum jadi satu KK. Saya masih KTP Wonogiri, Suami KTP Bojonegoro.
Saya dan suami bekerja di Surabaya sudah 5 tahun, dan sudah menetap di Surabaya.

kalau mau pindah jadi penduduk Surabaya bagaimana caranya? Kami punya keluarga di Surabaya, apakah harus numpang KK Saudara, lalu saya dan suami masing-masing mengurus surat pindah dari daerah asal masing-masing ?

Saya dengar dari orang - orang, kasus seperti kami ini biasanya jadi sasaran empuk aparat pemerintah untuk diperas uang mengurus kepindahannya. Sehingga terkesan berbelit - belit dan sulit sekali.

Kata orang-orang, kalau dari luar surabaya pindah ke surabaya pasti dipersulit, karena surabaya tidak bisa menerima warga dari luar surabaya.

Apakah benar begitu Pak?  Saya harap tidak begitu. SAya harap Pemerintah Surabaya bisa bijak dan membuka kesempatan untuk warga diluar surabaya untuk menjadi warga Surabaya.

Nama Dianita ( visitor ) Hits 200
Terjawab solved Tanggal Ditambahkan 2013-08-28 12:11:22
JAWABAN
Jawaban Yang Diterima

Sesuai Peraturan Predsiden Nomor 25 tahun 2008,( klasifikasi perpindahan penduduk antar Kabupaten dalam satu provinsi.)Dalam hal ini sdri. Daniati, dari Kabupaten Wonogiri atau Bojonegoro (dipilih salah satu) -  ke Surabaya,                                                                                                                                                         Persyaratan :                                                                                                                                                           1. Surat pengantar RT, RW.  2. Kartu keluarga ( KK ).  3. Kartu Tanda Penduduk ( KTP )yang masih     berlaku; kalau dalam proses ya tunggu sampai selesai.                       
Sebagai persyaratan tambahan ada Kab./ Kota yang mensyaratkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang diatur dalam peraturan Daerah Kab./ Kota. Dilampirkan KK asli/KK tidak asli,  menyangkut kebiajkan dalam masalah keluarga artinya dapat memastikan yang bersangkutan tidak tersangkut masalah hukum.                                                                                                                              Tidak usah berfikir negatif, So pasti bisa diselesaikan, tidak dipungut biaya, besarnya biaya administrasi disesuai dengan kebijakan Daerah masing-masing, dan lama/ sebentar waktunya tergantung kelengkapan persyaratan.
Demikian, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

PenjawabBidang Kependudukan ( visitor )Tanggal Dijawab2013-09-02 09:45:57




Developed by Scrida Prest

Menu Lain

Quick Link

 

Data Pengunjung

Kami punya 38 tamu online
DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Dukuh Menanggal 124-126 - Surabaya
Telp./Fax. : 031-8284078, 8280254
E-Mail : disnakerprovjatim@yahoo.com
- Sebaiknya Menggunakan Browser Mozilla Firefox Dengan Resolusi 1280 x 1024 -