PELAYANAN PELATIHAN PADA
BALAI LATIHAN KERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH
(BLK-UKM)
 

  RUANG LINGKUP TUGAS
 

Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) adalah Unsur Pelaksana Teknis Dinas yang melaksanakan tugas operasional di bidang latihan kerja usaha kecil dan menengah. BLK-UKM mempunyai tugas melaksanakan berbagai macam pelatihan dalam rangka usaha penyediaan tenaga kerja yang memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap mental di bidang usaha kecil dan menengah. Untuk melaksanakan tugasnya, BLK-UKM mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana, program pelatihan di bidang usaha kecil dan menengah;
  2. Pelaksanaan pemasaran program pelatihan, hasil produksi dan jasa;
  3. Pelaksanaan pelatihan dan uji keterampilan/kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja;
  4. Pendayagunaan dan pemberian informasi pelatihan;
  5. Pelaksanaan tugas-tugas ketatausahaan;
  6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.
  Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) terdiri atas :
  1. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Sumenep;
  2. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Situbondo;
  3. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Kediri;
  4. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Tulungagung;
  5. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Madiun;
  6. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Ponorogo;
  7. Balai Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (BLK-UKM) di Bojonegoro.
A BLK-UKM SUMENEP
  1

VISI
Terciptanya Tenaga kerja yang terampil, ahli, produktif dan kompeten melalui pelatihan kerja yang mendukung perluasan kesempatan kerja dan lapangan kerja, peningkatan produktivitas, memenuhi kebutuhan masyarakat, mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah dan perekonomian daerah/nasional.

  2

MISI
Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja melalui pelatihan dalam rangka mengurangi pengangguran, mendorong tumbuh dan berkembangnya produktivitas usaha kecil dan menengah.

  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Sumenep terdiri dari :
NO

JENIS PELAYANAN

SUBKEJURUAN

JENIS PELATIHAN WAKTU PELAYANAN
Instit. Non Instit. JML JAM LATIH HR/BLN

1

2

3

4

5

6

7

1

Pelatihan Kejuruan

-

Las Listrik

v

-

240, 480

36, 72 hr

 

Teknologi Mekanik

-

Las Otogen

-

v

 

 

2

Pelatihan Kejuruan

-

Teknik Pendingin

v

-

240, 480

36, 72 hr

 

Listrik

-

Elektronika

-

v

240

36 hr

3

Pelatihan Kejuruan Otomotif

-

Sepeda Motor

v

v

240, 480

36, 72 hr

4

Pelatihan Kejuruan Bangunan

-

Meubelair

v

v

240, 480

36, 72 hr

5

Pelatihan Aneka

-

Menjahit

v

v

120, 240, 480

18, 36, 72 hr

 

Kejuruan

-

Bordir

-

v

240

36 hr

 

 

-

Tata Rias

-

v

120

18 hr

6

Pelatihan Kejuruan Tata Niaga

-

Komputer

v

v

240, 480

36, 72 hr

7

Pelatihan Kejuruan Pertanian

-

Processing

-

v

120, 240

18, 36 hr

    Keterangan :
Pelatihan Institusional = dilaksanakan di BLK
Pelatihan Non Institusional = dilaksanakan di lokasi sasaran pelatihan
 
  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Persyaratan
  • Foto copy ijazah terakhir;
  • Foto copy KTP/KSK;
  • Pas foto warna berwarna ukuran 3 x 4 = 2 lembar.

Persyaratan mengikuti pelatihan Institusional:

  • Foto copy ijazah terakhir;

  • Foto copy KTP/KSK;

  • Pas foto warna berwarna ukuran 3 x 4 = 2 lembar.

    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN, GEDUNG

1

Asrama

2

Bengkel

3

Aula

4

Mesin Jahit

5

Sepeda Motor


 

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
     
  • Permohonan tertulis/mengisi blanko;
  • Persyaratan lengkap sesuai yang dipersyaratkan;
  • Diurus sendiri atau dikuasakan;
  • Melalui loket/antri atau langsung;
    4 Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Sumenep :
      a. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 2 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 2 orang
  • Kejuruan Listrik : 1 orang
  • Kejuruan Bangunan : 1 orang
  • Kejuruan Tata Niaga : 1 orang
  • Aneka Kejuruan : 2 orang
      b. Jumlah staf : 8 orang
  • Kompetensi Petugas :
    - Ramah;
    - Sopan;
    - Disiplin;
    - Memiliki penguasaan sesuai bidangnya.
  • Syarat Jabatan yang harus dipenuhi : Menguasai bidang tugasnya.
  • Klasifikasi pendidikan formal maupun informal : Minimal SLTA untuk staf, D3 sesuai bidang kejuruan untuk Instruktur tingkat Terampil dan S1 sesuai bidang kejuruan untuk Instruktur tingkat Ahli.

  • Pendidikan dan Pelatihan yang dibutuhkan : Teknik Pemasaran dan Pelaporan, Diklat fungsional Instruktur sesuai dengan kejuruan masing-masing, Diklat Metodologi, dan Teknis kejuruan.

    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
     
  • Alat pelatihan sesuai dengan kejuruan;
  • Ruang teori dan praktek;
  • Alat peraga;
  • Modul pelatihan sesuai dengan masing-masing kejuruan.
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
     

Pengaduan dari masyarakat tentang ketidakpuasan pelayanan dapat disampaikan langsung kepada Kepala BLK-UKM Sumenep, baik melalui telepon ataupun surat dialamatkan kepada BLK-UKM Sumenep Jl. Gapura Parsanga, Sumenep 69451. Atau juga bisa bertatap muka dengan pimpinan.

    8 Pemberian Kompensasi
     
  • Kompensasi tidak berupa uang;
  • Jika berkaitan dengan materi pelajaran, diganti dengan hari/jam pelajaran lain.
B BLK-UKM SITUBONDO
  1 VISI
   

Pusat pengembangan tenaga kerja yang kompeten, disiplin dan mandiri serta mampu berdaya saing mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun di luar negeri.

  2 MISI
    Mencetak dan meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di bidang usaha kecil dan menengah melalui :
     
  1. Peningkatan dan pengembangan program pelatihan di bidang usaha kecil dan menengah;

  2. Peningkatan dan pengembangan pemasaran program pelatihan, hasil produksi dan jasa di bidang usaha kecil dan menengah;

  3. Peningkatan dan pengembangan pelaksanaan pelatihan, uji kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja;

  4. Peningkatan dan pengembangan kompetensi Instruktur melalui OJT dan pengembangan karya ilmiah;

  5. Peningkatan kualitas manajemen pelayanan publik.

  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Situbondo terdiri dari
NO JENIS PELAYANAN SUBKEJURUAN JENIS PELATIHAN WAKTU PELAYANAN
Instit. Non Instit. JML JAM LATIH JML HR/BLN

1

Pelatihan Kejuruan

-

Las Listrik

v

v

480

72 hr

 

Teknologi Mekanik

-

Las Otogen

v

v

480

72 hr

 

 

-

Las TIG/MIG

v

-

480

72 hr

 

 

-

Mesin Perkakas

v

-

480

72 hr

2

Pelatihan Kejuruan Listrik

-

Instalasi Penerangan

v

v

480

72 hr

 

 

-

AC/Pendingin

v

v

480

72 hr

 

 

-

Audio Visual

v

v

480

72 hr

 

 

-

Televisi

v

v

480

72 hr

3

Pelatihan Kejuruan

-

Mobil Bensin

v

-

480

72 hr

 

Otomotif

-

Mobil Diesel

v

-

480

72 hr

 

 

-

Sepeda Motor

v

v

480

72 hr

 

 

-

Ketok Duko

v

-

480

72 hr

4

Pelatihan Kejuruan

-

Meubelair

v

v

480

72 hr

 

Bangunan

-

Bangunan Kayu

v

v

480

72 hr

 

 

-

Bangunan Batu

v

v

480

72 hr

5

Pelatihan Aneka

-

Menjahit

v

v

480

72 hr

 

Kejuruan

-

Salon/Tata Rias

v

-

240

36 hr

 

 

-

Bordir

v

v

480

72 hr

6

Pelatihan Kejuruan

-

Sekretaris

v

-

480

72 hr

 

Tata Niaga

-

Komputer

v

-

240

36 hr

 

 

-

Perkantoran

v

-

480

72 hr

 

 

-

Akuntansi

-

-

480

72 hr

7

Pelatihan Kejuruan

-

Processing

v

v

120

18 hr

 

Pertanian

-

Ternak Unggas

-

-

240

36 hr

 

 

-

Perikanan

v

v

240

36 hr

 

 

-

Hortikultura

v

v

240

36 hr

    Keterangan :
Pelatihan Institusional = dilaksanakan di BLK
Pelatihan Non Institusional = dilaksanakan di lokasi sasaran pelatihan
 
  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Persyaratan mengikuti pelatihan Institusional :
  • Foto copy ijazah terakhir;
  • Foto copy KTP/KSK;
  • Pas foto warna berwarna ukuran 4 x 6 : 3 lembar;
  • Foto copy Kartu Kuning.

Persyaratan mengikuti pelatihan Non Institusional :

  • Foto copy ijazah terakhir;
  • Foto copy KTP/KSK;
  • Pas foto warna berwarna ukuran 4 x 6 : 3 lembar.
  • Praktek Kerja Industri (Prakerin).
    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN, GEDUNG

1 Mollen
2 Hand tractor
3 Mesin las
4 Pemotong plat
5 O H P
6 LCD projector

 

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
     
  • Mengisi blanko dan biodata peserta pelatihan;
  • Persyaratan lengkap sesuai yang dipersyaratkan;
  • Langsung datang di bagian pendaftaran.
    4 Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

 

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Situbondo :
      a. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 3 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 3 orang
  • Kejuruan Listrik : 3 orang
  • Kejuruan Bangunan : 1 orang
  • Aneka Kejuruan : 1 orang
  • Kejuruan Pertanian : 2 orang
      b. Jumlah staf : 5 orang
     
  1. Kompetensi Petugas :
  • Mampu mengoperasikan program MS Word dan MS Excel;
  • Ramah;
  • Sopan;
  • Mampu melaksanakan kegiatan administrasi;
  1. Syarat Jabatan yang harus dipenuhi : Minimal berpangkat/golongan Pengatur Muda (II/a).
  2. Klasifikasi pendidikan formal maupun informal : Minimal SLTA dan sederajat.
  3. Pendidikan dan Pelatihan yang dibutuhkan : Diklat teknis sesuai bidang tugasnya maupun diklat fungsional Instruktur.

    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
     
  • Meja, kursi, komputer, alat tulis serta ruangan;
  • Ruang tunggu, toilet dan tempat parkir.
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
     

Untuk mendapatkan informasi dan menyampaikan pengaduan lebih jelas dapat menghubungi langsung di Unit pelayanan Informasi BLK-UKM Situbondo, dengan alamat Jl. Basuki Rahmat No. 357 Situbondo, atau melalui Telp. 0338-672054 pada setiap hari kerja.

    8 Pemberian Kompensasi
     

Apabila terjadi kelambatan penanganan, maka akan diberikan kompensasi berupa : mengantar jenis layanan ke rumah.

C BLK-UKM KEDIRI
  1

VISI
Terciptanya tenaga kerja terampil, disiplin dan mandiri dan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan dan berdaya saing di pasar global.

  2 MISI
  1. Mewujudkan tenaga kerja terampil di bidang industri dan pertanian melalui program-program pelatihan;
  2. Mewujudkan wirausahawan baru di bidang usaha kecil dan menengah melalui pembekalan keterampilan yang sesuai dengan jenis usahanya;

  3. Meningkatkan kemampuan manajemen pengusaha melalui pelatihan manajemen Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Kediri terdiri dari :
NO JENIS PELAYANAN SUBKEJURUAN JENIS PELATIHAN

WAKTU PELAYANAN

Instit. Non Instit. Swa- dana JML JAM LATIH JML HR/BLN

1

2

3

4

5

6

7

8

1

Pelatihan Kejuruan Teknologi Mekanik

-

Las Listrik

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Las Karbit

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Mesin Perkakas

v

-

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

2

Pelatihan Kejuruan Otomotif

-

Mobil Bensin

v

-

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Mobil Diesel

v

-

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Sepeda Motor

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

3

Pelatihan Kejuruan Listrik

-

Televisi

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

AC/Teknik Pendingin

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Wikkel/Gulung Dinamo

v

v

 

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

4

Pelatihan Kejuruan Tata Niaga

-

Sekretaris Kantor

v

-

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Administrasi Kantor

v

-

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Komputer

v

-

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

5

Pelatihan Aneka Kejuruan

-

Menjahit

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Bordir/ Menyulam

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Ukir Kayu

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Kerajinan Bambu

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

6

Pelatihan Kejuruan Pertanian

-

Processing

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

7

Pelatihan Kejuruan Bangunan

-

Bangunan Batu

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Bangunan Kayu

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

 

 

-

Meubelair

v

v

v

120,180,240, 360,640,960

20, 30, 40 hr, 2, 3,5, 5,5 bln

    Keterangan :
Pelatihan Institusional = dilaksanakan di BLK
Pelatihan Non Institusional = dilaksanakan di lokasi sasaran pelatihan
  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Persyaratan mengikuti pelatihan institusional :
  • Photo copy ijazah terakhir;
  • Photo copy KTP/KSK;
  • Photo copy Kartu Kuning (AK I);
  • Pas photo 4x6 = 2 lembar.

Persyaratan mengikuti pelatihan non institusional :

  • Permohonan dari instansi/lembaga disertai dengan proposal yang meliputi : Pendahuluan, Maksud dan tujuan, Sasaran, Peserta, Tempat dan waktu pelaksanaan, Pembiayaan, Penutup.

    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN. GEDUNG

1

Generator Las Listrik

2

Mesin Bubut

3

Mesin Frais

4

Mesin Gergaji

5

Mesin Bor Duduk

6

Mesin Potong Pipa

7

Mesin Planer 1 Sisi

8

Mesin Ketam Portabel

9

Mesin jahit

10

Aula Kapasitas 2000 org

11

Kamar Asrama

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
     
  • Permohonan tertulis/mengisi blanko
  • Persyaratan lengkap sesuai yang dipersyaratkan
  • Diurus sendiri atau dikuasakan
  • Melalui loket/antri atau langsung
    4 Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Kediri :
      a. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 5 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 4 orang
  • Kejuruan Listrik : 4 orang
  • Kejuruan Bangunan : 1 orang
  • Kejuruan Tata Niaga : 1 orang
  • Aneka Kejuruan : 1 orang
  • Kejuruan Pertanian : 2 orang
      b. Jumlah staf : 15 orang
     
  1. Kompetensi Petugas :
  • Mampu memberikan pelayanan dengan baik di bidang Pelatihan dan Keterampilan untuk Usaha Kecil dan Menengah serta para pencari kerja;

  • Membantu mempertemukan antara siswa lulusan dengan perusahaan/pengguna tenaga kerja (sebagai fasilitator untuk penempatan kerja);

  1. Syarat Jabatan yang harus dipenuhi : Pelatihan yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
  2. Klasifikasi pendidikan formal maupun informal : Sarjana (S1) dan Bimbingan Teknis.
  3. Pendidikan dan Pelatihan yang dibutuhkan : Pelayanan Prima.
    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
     
  • Ruang teori (1 unit);
  • Ruang kantor (1 unit);
  • Ruang kelas/work shop beserta fasilitas (8 unit);
  • Hall (1 unit);
  • Gudang (1 unit);
  • Garasi (4 unit);
  • Asrama dan ruang makan (6 unit);
  • Ruang genset (1 unit);
  • Mushola (1 unit);
  • Sarana olah raga tennis dan voley ball (2 unit);
  • Kamar mandi (6 unit);
  • Pos jaga (1 unit).
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
    a Pelayanan Informasi :
      Melalui loket pendaftaran atau langsung ke :
BLK-UKM Kediri
Ds. Gedangsewu - Pare - Kediri PO Box 130, Tlp. (0354) 391583 Kode Pos 64214
    b Pengaduan :
     
  • Melalui kotak saran yang telah tersedia, atau
  • Melalui Kepala Seksi Pelatihan dan Pemasaran.
    8 Pemberian Kompensasi
      Apabila terjadi keterlambatan pelayanan :
  • Pelatihan : akan diganti dan disesuaikan dengan jam latih tanpa biaya tambahan;
  • Sertifikat : akan diantarkan sampai ke tempat tinggal.
D BLK-UKM TULUNGAGUNG
  1 VISI
Terciptanya tenaga kerja yang kompeten dan produktif untuk memenuhi pasar kerja dan mendorong mendorong pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
  2 MISI
   
  1. Menyelenggarakan pelatihan keterampilan kerja yang bersifat Institusional maupun Non Institusional serta Inplan Training;
  2. Menyelenggarakan uji keterampilan dan sertifikasi kerja;
  3. Memfasilitasi lulusan dan pasar kerja;
  4. Menyelenggarakan dan mengarahkan pelatihan berbasis Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Tulungagung terdiri dari :
NO JENIS PELAYANAN SUBKEJURUAN JENIS PELATIHAN WAKTU PELAYANAN
Instit. Non Instit. JML JAM LATIH JML HR/BLN

1

2

3

4

5

6

7

1

Pelatihan Kejuruan

-

Mobil Bensin

V

v

320

2 bln

 

Otomotif

-

Mobil Diesel

V

v

320

2 bln

 

 

-

Sepeda Motor

V

v

320

2 bln

2

Pelatihan Kejuruan

-

Las Listrik

V

v

160

1 bln

 

Teknologi Mekanik

-

Las Otogen

V

v

160

1 bln

 

 

-

Las Argon/Las TIG

V

v

160

1 bln

 

 

-

Las CO2/Las MIG

v

v

160

1 bln

 

 

-

Pipe Filter

v

v

160

1 bln

 

 

-

Mesin Perkakas

v

v

160

1 bln

3

Pelatihan Kejuruan

-

Instalasi Tenaga

v

v

160

1 bln

 

Listrik

-

Instalasi Listrik

v

v

160

1 bln

 

 

-

Mesin Listrik

v

v

160

1 bln

 

 

-

Elektro Televisi

v

v

160

1 bln

 

 

-

Elektronika

v

v

320

2 bln

4

Pelatihan Kejuruan

-

Meubel

v

v

160

1 bln

 

Bangunan

-

Bangunan Kayu

v

v

160

1 bln

 

 

-

Bangunan Batu

v

v

160

1 bln

5

Pelatihan Aneka

-

Menjahit

v

v

160

1 bln

 

Kejuruan

-

Bordir

v

v

160

1 bln

6

Pelatihan Kejuruan Pertanian

-

Tanaman Pangan & Hortikultura

v

-

160

1 bln

 

 

-

Perkebunan

v

-

160

1 bln

 

 

-

Pengolahan Hasil Pertanian

v

-

160

1 bln

 

 

-

Peternakan

v

-

160

1 bln

 

 

-

Processing

v

-

160

1 bln

7

Pelatihan Kejuruan

-

Sekretaris Kantor

v

-

320

2 bln

 

Tata Niaga

-

Komputer

v

-

160

1 bln

    Keterangan :
Pelatihan Institusional = dilaksanakan di BLK
Pelatihan Non Institusional = dilaksanakan di lokasi sasaran pelatihan
  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Persyaratan bagi calon peserta pelatihan yang biayanya dari pemerintah maupun swadana, baik pelatihan Institusional maupun Non Institusional adalah sebagai berikut :
Persyaratan calon siswa pelatihan program pemerintah :
  • Mengisi formulir pendaftaran;
  • Foto copy ijazah terakhir : 1 lembar;
  • Foto copy KTP : 1 lembar;
  • Foto copy kartu kuning/AK.1 : 1 lembar;
  • Pas foto warna ukuran 3,5 x 4,5 : 2 lembar;
  • Wajib mengikuti seleksi;
  • Bagi calon siswa yang dinyatakan lulus hasil seleksi harus mendaftar ulang/heregristasi;
  • Calon siswa tidak dipungut biaya pelatihan.

Persyaratan calon peserta swadana perorangan/kelompok :

  • Mengisi formulir pendaftaran;
  • Foto copy ijazah terakhir : 1 lembar;
  • Foto copy KTP : 1 lembar;
  • Pas foto warna ukuran 3,5 x 4,5 : 2 lembar;
  • Wajib mengikuti seleksi;
  • Bagi calon siswa yang dinyatakan lulus hasil seleksi dibuat kesepakatan jadwal pelaksanaan pelatihan dan membayar biaya pelatihan.

Persyaratan calon peserta pelatihan swadana Praktek Kerja Industri (Prakerin)/Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bagi siswa SLTP/SLTA :

  • Surat permohonan pelatihan dari sekolah yang bersangkutan;
  • Surat perjanjian kerjasama pelatihan antara Kepala Balai Latihan Kerja dengan Kepala Sekolah yang memuat hak dan kewajiban kedua belah pihak sebagai dasar pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN, GEDUNG
1 Mesin sepak/bordier
2 Mesin jahit
3 Mesin ketam kayu
4 Mesin gergaji kayu
5 Mesin injection pump diesel
6 Ruang kelas kapasitas 20 org (AC)
7 Aula kapasitas 200 org (fan)
8 Kamar asrama kapasitas 30 org (fan)


 

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
      Prosedur untuk pelatihan reguler yang dibiayai APBD maupun APBN :
  • Calon peserta datang membawa persyaratan, oleh petugas langsung didaftar dan diberikan informasi seperlunya;
  • Calon peserta diberi kartu pendaftaran, memuat nomor pendaftaran, tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan testing;
  • Materi testing meliputi : a) tes tertulis pengetahuan umum dan kejuruan, b) wawancara sikap mental dan kepribadian, dan c) kelengkapan administrasi;
  • Pengumuman hasil tes maksimal 3 (tiga) hari setelah pelaksanaan. Bagi siswa yang dinyatakan lulus langsung dilakukan daftar ulang/heregistrasi;
  • Bagi siswa yang dinyatakan lulus seleksi dan setelah 3 (tiga) hari sejak pengumuman tidak mendaftar ulang tanpa keterangan akan diganti oleh peserta seleksi ranking di bawahnya;
  • Siswa yang lulus seleksi tidak dipungut biaya latihan.
  • Peserta wajib mengikuti orientasi selama 2 (dua) hari dan mengikuti materi inti serta penunjang ( teori, praktek, FMD dan OJT ).
      Prosedur untuk pelatihan swadana :
  1. Swadana perorangan/kelompok :
  • Calon siswa membawa persyaratan tersebut di atas, oleh petugas langsung didaftar;
  • Diadakan tes wawancara;
  • Bagi yang lulus dibuat kesepakatan jadwal pelaksanaan pelatihan.
  1. Swadana Prakerin/PSG :
  • Surat permohonan pelatihan dari sekolah yang bersangkutan;
  • Surat perjanjian kerjasama pelatihan antara Kepala BLK dengan Kepala SMK yang memuat hak dan kewajiban kedua belah pihak sebagai dasar pelaksanaan Prakerin;
  • Menyerahkan foto copy ijazah siswa.
    4  Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

 

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Tulungagung :
      a. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 3 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 5 orang
  • Kejuruan Listrik : 4 orang
  • Kejuruan Bangunan : 3 orang
  • Kejuruan Tata Niaga : 1 orang
  • Aneka Kejuruan : 3 orang
  • Kejuruan Pertanian : 1 orang
  • Kejuruan TTG : 1 orang

b. Jumlah staf : 12 orang

     
  1. Kompetensi Petugas :
  • Petugas informasi : mampu menerima, melayani, memberikan informasi, mengarahkan tamu.
  • Petugas pendaftaran : mampu memberikan layanan pendaftaran bagi calon peserta dan memberi nomor test serta tanggal seleksi.
  • Petugas administrasi : mampu membuat blanko pelatihan, menyusun daftar nominatif peserta, membuat SK pelatihan, mengisi Buku Induk, membuat sertifikat latihan, membuat laporan bulanan.
  • Instruktur : mampu menyusun kurikulum dan silabus, membuat jadwal pelajaran, menyusun kebutuhan bahan latihan, mengajar teori dan praktek, mengadakan evaluasi akhir latihan, membuat laporan akhir kegiatan.
  • Kepala Seksi Pelatihan dan Pemasaran : mampu menyusun rencana pelaksanaan kegiatan pelatihan, menyusun jadwal dan administrasi latihan, menyiapkan kegiatan latihan, mengkoordinatori kegiatan latihan, merencanakan, mengendalikan dan mengawasi seluruh kegiatan pelatihan, membuat laporan berkala.
  • Petugas Bursa Kerja Khusus (BKK) : mampu mendaftar para lulusan, mencarikan lowongan kerja di perusahaan, memberikan pelayanan pengantar kerja.
  1. Syarat Jabatan :
  • Untuk petugas : Diklat Pelayanan Prima
  • Untuk Instruktur : Diklat fungsional Instruktur dan diklat teknis pendukung lainnya
    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
     
  • 1 (satu) gedung workshop, dilayani 15 (lima belas) pegawai;
  • 1 (satu) workshop Kejuruan Listrik, meliputi Subkejuruan Teknik Pendingin, Wikel, Instalasi Penerangan, Elektronika, dilengkapi fasilitas peralatan dan mesin.
  • 1 (satu) workshop Kejuruan Bangunan, meliputi Subkejuruan Bangunan Kayu, Bangunan Batu dan Meubelair, dilengkapi fasilitas peralatan dan mesin.
  • 2 (dua) workshop Aneka Kejuruan, meliputi Subkejuruan Bordir, Menyulam dan Menjahit, dilengkapi fasilitas peralatan dan mesin.
  • 1 (satu) gedung Kejuruan Tata Niaga, meliputi Subkejuruan Sekretaris dan Komputer, dilengkapi fasilitas peralatan.
  • 3 (tiga) workshop Kejuruan Otomotif, meliputi Subkejuruan Mobil Bensin, Mobil Diesel dan Sepeda Motor; dilengkapi fasilitas peralatan dan mesin.
  • 1 (satu) workshop dan 1 (satu) hektar lahan Kejuruan Pertanian, meliputi Subkejuruan Tanaman Pangan, Perkebunan, Mixed Farming, Hortikultura, Peternakan dan Processing, dilengkapi fasilitas peralatan dan mesin.
  • 2 (dua) workshop Kejuruan Teknologi Mekanik, meliputi Subkejuruan Las Listrik, Las Karbit dan Mesin Logam, dilengkapi fasilitas peralatan dan mesin.
  • 1 (satu) gedung aula berkapasitas 200 orang;
  • 1 (satu) asrama siswa berkapasitas 30 orang;
  • 1 (satu) mushola;
  • Tempat olah raga (volley ball dan tenis meja);
  • Gudang, pos jaga dan tempat parkir kendaraan;
  • 2 (dua) buah mobil boks lengkap dengan peralatan untuk latihan keliling (MTU);
  • Ruang perpustakaan lengkap dengan buku-buku panduan berbagai kejuruan.
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
      Untuk mendapatkan informasi lebih jelas dapat menghubungi langsung di Unit pelayanan Informasi BLK-UKM Tulungagung, dengan alamat Jl. Raya Pulosari-Ngunut Km. 8 Tulungagung, melalui Telp. 0355-395287 Fax. 398940 pada setiap hari kerja atau email dengan email address blk_tag@yahoo.co.id.
Pengajuan pengaduan, usul atau saran, baik secara lisan maupun tertulis, dapat disampaikan kepada petugas pelayanan atau dimasukan ke kotak saran yang telah disediakan. Jawaban pengaduan akan diberikan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah pengaduan diterima.
    8  Pemberian Kompensasi
      Kompensasi akan diberikan apabila terjadi ketidaktepatan atau ketidaksesuaian hasil layanan dengan standar yang telah ditetapkan sesuai dengan kondisi yang ada, antara lain :
  • Kompensasi tidak berupa uang;
  • Apabila terjadi keterlambatan waktu penyelesaian sertifikat, maka petugas akan mengantarkan langsung kepada yang bersangkutan.
  •  Apabila berkaitan dengan materi pelajaran, akan diganti dengan hari/jam pelajaran yang lain.
E BLK-UKM MADIUN
  1 VISI
Terciptanya tenaga kerja yang terampil, produktif dan kompeten melalui pelatihan yang mendukung perluasan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas dan mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah serta perekonomian daerah?
  2 MISI
   
  1. Menyelenggarakan pelatihan yang bersifat Institusional maupun Non Institusional serta meningkatkan sumber daya pelatihan yang telah ada;
  2.  Meningkatkan relevansi dan efisiensi program pelatihan sesuai kebutuhan yang bergerak dan dinamis dari masyarakat;
  3. Meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan dan peningkatan organisasi;
  4.  Mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui kerjasama pelatihan Pihak-III.
  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Madiun terdiri dari :
NO

JENIS PELAYANAN

SUBKEJURUAN

JENIS PELATIHAN

WAKTU PELAYANAN

Instit.

Non Instit.

JML JAM LATIH

JML HR/BLN

1

2

3

4

5

6

7

1

Pelatihan Kejuruan

-

Mobil Bensin

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

Otomotif

-

Mobil Diesel

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Sepeda Motor

v

v

480, 240

96, 48 hr

2

Pelatihan Kejuruan

-

Mesin Bubut

v

v

480

96 hr

 

Teknologi Mekanik

-

Las Listrik

v

V

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Las Otogen

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Autocad

v

-

120

24 hr

3

Pelatihan Kejuruan

-

Instalasi Penerangan

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

Listrik

-

Instalasi Tenaga

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Wekel

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Teknik Pendingin

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Elektronika/TV

v

v

480, 240

96, 48 hr

4

Pelatihan Kejuruan

-

Bangunan Kayu

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

Bangunan

-

Bangunan Batu

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Meubel/Jok

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Gypsum Plafon

v

-

480, 240

96, 48 hr

5

Pelatihan Aneka

-

Menjahit

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

Kejuruan

-

Bordir

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Ukir Kayu

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

 

-

Anyaman

v

v

480, 240

96, 48 hr

6

Pelatihan Kejuruan

-

Administrasi Perkantoran

v

v

480, 240

96, 48 hr

 

Tata Niaga

-

Komputer

v

-

480, 240

96, 48 hr

7

Pelatihan Kejuruan

-

Mixed Farming

v

v

480

96 hr

 

Pertanian

-

Processing

v

v

160

32 hr

 

 

-

Peternakan

v

v

480, 240

96, 48 hr

8

Pengembangan Kejuruan Pelatihan Manajerial

-

Competency-Based Training (CBT)

v

-

80

16 hr

 

 

-

Pelatihan utk Pelatih (Training for the Trainers/TFT)

v

v

40

5 hr

 

 

-

Bimtek Kehumasan/ Keprotokolan

v

-

40

5 hr

 

 

-

Bahasa Jepang

v

-

160

16 hr

 

 

-

Bahasa Korea

v

-

160

16 hr

    Keterangan :
Pelatihan Institusional = dilaksanakan di BLK
Pelatihan Non Institusional = dilaksanakan di lokasi sasaran pelatihan
  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Peryaratan mengikuti pelatihan Institusional :
  1. Foto copy ijazah terakhir yang disahkan oleh yang berwenang;
  2. Foto copy KTP/KSK yang masih berlaku;
  3. Foto berwarna 4 x 6 = 2 (dua) lembar;
  4. Dimasukkan dalam stopmap warna :
  • Kuning untuk SLTA/sederajat;
  • Biru untuk SLTP/sederajat;
  •  Hijau untuk SD/sederajat;
  • Mengisi biodata siswa.

Peryaratan mengikuti pelatihan Non Institusional :

  1. Identifikasi kebutuhan pelatihan di lapangan/di daerah;
  2. Dasar pelaksanaan memperhatikan surat resmi usulan kebutuhan pelatihan dari daerah atau dari lembaga/organisasi yang membutuhkan pelatihan.
    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN, GEDUNG

1 Asrama (Kapasitas 40 org)
2 Aula (Kapasitas 150 kursi kuliah)

 

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
     
  • Permohonan tertulis/mengisi blanko;
  • Persyaratan lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan;
  • Diurus sendiri atau dikuasakan;
  • Melalui loket di Seksi Pelatihan dan Pemasaran BLK-UKM Madiun;
  • Meminta penjelasan yang sejelas-jelasnya dari petugas pelayanan
    4 Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Madiun :
      a. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 4 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 5 orang
  • Kejuruan Listrik : 6 orang
  • Kejuruan Bangunan : 4 orang
  • Kejuruan Tata Niaga : 4 orang
  • Aneka Kejuruan : 5 orang
  • Kejuruan Pertanian : 2 orang

b. Jumlah staf : 10 orang

     
  •  Kompetensi Petugas : sesuai dengan job description.
  • Syarat Jabatan yang harus dipenuhi :
  • Pangkat / Golongan : Pengatur ( II/c )
  • Pendidikan Formal : D3
  • Diklat / Kursus : -
  • Teknis/Fungsional : Pembinaan Perluasan Kesempatan Kerja
  • Syarat Kondisi Fisik : Sehat Jasmani dan Rohani
    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
      Disediakan ruang yang digunakan untuk informasi pelatihan dan BKK dengan kelengkapan sebagai berikut :
  • Meja resepsionis panjang 180 cm sebanyak 3 unit;
  • Meja/kursi sebanyak 4 unit;
  • Komputer sebanyak 1 unit;
  • Kursi tamu sebanyak 1 set;
  • Kursi tunggu sebanyak 6 buah;
  • AC 1 PK sebanyak 2 unit;
  • TV berwarna 21? sebanyak 1 buah;
  • Kipas angin sebanyak 2 buah.
      Sarana penunjang :
  • Tempat parker (di halaman kantor);
  • Ruang tunggu/sekat ruangan kantor ukuran 3 x 3 meter;
  • WC dan kamar mandi siswa;
  • Lapangan volley dan kelengkapannya;
  • Meja tenis lengkap dengan kelengkapannya;
  • Masjid.
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
     
  1. Disediakan loket pelayanan informasi yang bertujuan untuk :
  • Memberikan layanan pendaftaran peserta pelatihan;
  • Menampung keluhan-keluhan/pengaduan tentang ketidakjelasan/kepuasan layanan.
  1. Ditunjuk 4 (empat) orang dari staf Seksi Pelatihan dan Pemasaran;
  2. Disediakan buku tamu, buku register pendaftaran sebagai calon peserta pelatihan, serta buku keluhan/pengaduan dan kotak saran.
    8 Pemberian Kompensasi
      Kompensasi akan diberikan apabila terdapat ketidaktepatan atau ketidaksesuaian hasil layanan dengan standar yang telah ditetapkan sesuai dengan kondisi yang ada. Bentuk kompensasi yang diberikan antara lain :
  • Kompensasi tidak berupa uang;
  • Apabila terjadi keterlambatan waktu penyelesaian sertifikat, maka petugas akan mengantarkan langsung kepada alamat yang bersangkutan;
  • Apabila berkaitan dengan materi pelajaran, akan diganti dengan hari/jam pelajaran yang lain.
F BLK-UKM PONOROGO
  1 VISI
Tersedianya tenaga kerja terampil dan profesional untuk memenuhi pasar kerja?
  2 MISI
   
  1. Meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan kerja untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja di dalam dan luar negeri;
  2. Meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana serta manajemen pelatihan guna meningkatkan daya saing lulusan;
  3. Memberikan pelayanan pelatihan, konsultasi pelatihan dan uji kompetensi;
  4. Melaksanakan kerjasama pelatihan.
  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Ponorogo terdiri dari :
NO JENIS PELAYANAN SUBKEJURUAN JENIS PELATIHAN WAKTU PELAYANAN
Instit. Non Instit. JML JAM LATIH JML HR/BLN

1

2

3

4

5

6

7

1

Pelatihan Kejuruan

-

Las Listrik

v

v

240

40 hr

 

Teknologi Mekanik

-

Las Otogen

v

v

240

40 hr

 

 

-

Mesin Perkakas

v

-

240

40 hr

2

Pelatihan Kejuruan Otomotif

-

Sepeda Motor

v

v

80, 180, 240, 320, 480

12, 27, 44, 48, 94 hr

 

 

-

Mobil Diesel

v

v

160, 240, 320, 480

24, 40, 48, 94 hr

 

 

-

Mobil Bensin

v

v

160, 240, 320, 480

24, 40, 48, 94 hr

3

Pelatihan Kejuruan Listrik

-

Televisi

v

v

180, 240, 320, 480

30, 40, 54, 80 hr

 

 

-

Elektronika

v

v

240, 320

40, 54 hr

 

 

-

Teknik Pendingin

v

-

180, 320, 480

30, 54, 80 hr

4

Pelatihan Kejuruan

-

Sekretaris

v

v

320

48 hr

 

Tata Niaga

-

Akuntansi

v

v

240

40 hr

 

 

-

Administrasi Perkantoran

v

v

240

40 hr

 

 

-

Operator Komputer

v

-

180, 240

30, 40 hr

 

 

-

Autocad

v

-

180, 240

30, 40 hr

5

Pelatihan Kejuruan

-

Meubel

v

v

180, 240

30, 40 hr

 

Bangunan

-

Konstruksi Kayu

v

v

180, 240

30, 40 hr

 

 

-

Konstruksi Batu

v

v

240

40 hr

 

 

-

Finishing Meubel Kayu

v

v

80

20 hr

6

Pelatihan Aneka

-

Menjahit

v

v

180, 240, 320

27, 40, 48 hr

 

Kejuruan

-

Bordir

v

v

180, 240, 320

27, 36, 48 hr

 

 

-

Anyaman

v

v

180, 240

27, 36 hr

 

 

-

Ukir

v

v

180, 240, 320

27, 40, 48 hr

7

Pelatihan Kejuruan

-

Perikanan

v

v

240

40 hr

 

Pertanian

-

Peternakan

v

v

240

40 hr

 

 

-

Processing

v

v

180

30 hr


 

  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Peryaratan yang perlu diikuti bagi calon peserta, baik untuk pelatihan Institusional maupun Non Institusional adalah sebagai berikut :
  • Mengisi formulir pendaftaran;
  • Melengkapi persyaratan administrasi;
  • Pendaftar harus datang sendiri.
    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN, GEDUNG

1 Ruang Asrama
2 Ruang Kelas
3 Genset Las
4 Komputer
5 Traktor Tangan
6 Molen
7 Mesin Bordir
8 Mesin Jahit
9 Creen
10 Mesin Bubut
11 Travo Motor

 

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
     
  • Mengisi formulir pendaftaran;
  • Melengkapi persyaratan administrasi;
  • Pendaftar harus daftar sendiri.
    4 Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Ponorogo :
     
  1. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 4 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 5 orang
  • Kejuruan Listrik : 4 orang
  • Kejuruan Bangunan : 5 orang
  • Kejuruan Tata Niaga : 1 orang
  • Aneka Kejuruan : 4 orang
  • Kejuruan Pertanian : 2 orang
      b. Jumlah staf : 8 orang
  • Kompetensi Petugas : Harus mampu melayani setiap pendaftar sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
  • Syarat Jabatan yang harus dipenuhi : PNS.
  • Klasifikasi pendidikan formal maupun informal : Minimal SLTA untuk petugas pelayanan dan D3 untuk Instruktur.
  • Pendidikan dan Pelatihan : Pelayanan Prima.
    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
     
  • Meja, kursi, komputer;
  • Ruang tunggu, WC umum, tempat parkir.
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
     
  • Pendaftar bisa memperoleh informasi di Seksi Pelatihan dan Pemasaran BLK-UKM Ponorogo;
  • Petugas terdiri dari 2 orang yang telah berpengalaman melayani bidang tersebut.
  • Informasi dan pengaduan bisa melalui telepon (0352) 751286 pada hari Senin s.d Jum'at pada jam kerja.s
    8  Pemberian Kompensasi
     
  • Kompensasi tidak berupa uang;
  • Apabila terjadi keterlambatan waktu penyelesaian sertifikat, maka petugas akan mengantarkan langsung kepada alamat yang bersangkutan;
  • Apabila berkaitan dengan materi pelajaran, akan diganti dengan hari/jam pelajaran yang lain.
G BLK-UKM BOJONEGORO
  1 VISI
BLK-UKM Bojonegoro menjadi lembaga pelatihan terbaik di Jawa Timur yang mampu mengantarkan lulusan ke dunia kerja.
 
  2 MISI
   
  1. Memberdayakan sarana dan prasarana pelatihan secara optimal yang berorientasi pada kepuasan pelanggan;
  2. Menjadikan pelatihan sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat;
  3. Menjalankan kegiatan pelatihan yang terintegrasi dengan instansi terkait;
  4. Mengembangkan potensi SDM pelatihan di dalam dan di luar BLK-UKM Bojonegoro;
  5. Mempertemukan hasil lulusan dengan pengguna tenaga kerja dan mengembangkan wirausaha.
  3 JENIS DAN WAKTU PELAYANAN
    Pelayanan pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK-UKM Bojonegoro terdiri dari :
NO JENIS PELAYANAN SUBKEJURUAN JENIS PELATIHAN WAKTU PELAYANAN
Instit. Non Instit. JML JAM LATIH JML HR/BLN

1

Pelatihan Kejuruan

-

Las Listrik

v

-

160

1 bln

 

Teknologi Mekanik

-

Las Karbit

v

-

160

1 bln

 

 

-

Mesin Logam

v

-

160

1 bln

2

Pelatihan Kejuruan

-

Mobil Diesel

v

v

320

2 bln

 

Otomotif

-

Mobil Bensin

v

v

160, 320

1, 2 bln

 

 

-

Sepeda Motor

v

v

320

2 bln

3

Pelatihan Kejuruan Listrik

-

Instalasi Penerangan

v

v

160

1 bln

 

 

-

Elektro

v

v

160, 320

1, 2 bln

 

 

-

Gulung Dinamo

v

v

160

1 bln

 

 

-

Teknik Pendingin

v

v

160

1 bln

 

 

-

Listrik Industri

v

v

160

1 bln

4

Pelatihan Kejuruan

-

Bangunan Kayu

v

v

160

1 bln

 

Bangunan

-

Bangunan Batu

v

v

160

1 bln

 

 

-

Meubelair

v

v

160

1 bln

 

 

-

Bubut Kayu

v

v

160

1 bln

5

Pelatihan Aneka

-

Menjahit

v

v

160

1 bln

 

Kejuruan

-

Bordir

v

v

160

1 bln

 

 

-

Anyaman

v

v

240

1,5 bln

 

 

-

Ukir Kayu

v

v

240

1,5 bln

6

Pelatihan Kejuruan Pertanian

-

Processing

v

-

160

1 bln

7

Pelatihan Kejuruan Tata Niaga

-

Komputer

v

-

160

1 bln

    Keterangan :
Pelatihan Institusional = dilaksanakan di BLK
Pelatihan Non Institusional = dilaksanakan di lokasi sasaran pelatihan
  4 STANDAR PELAYANAN
    1 Persyaratan Pelayanan
      Persyaratan mengikuti pelatihan Institusional :
  • Foto copy ijazah terakhir;
  • Foto copy KTP/KSK;
  • Pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 = 2 lembar;
  • Foto copy Kartu Kuning.

Persyaratan mengikuti pelatihan Non Institusional :

  • Foto copy ijazah terakhir;
  • Foto copy KTP/KSK;
  • Pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 = 2 lembar.
    2 Fasilitas

NO

NAMA PERALATAN, GEDUNG

1 Aula
2 Asrama
3 Mesin-mesin

 

    3 Prosedur Pengajuan Pelayanan
     
  • Permohonan tertulis/mengisi blanko;
  • Persyaratan lengkap sesuai yang dipersyaratkan;
  • Diurus sendiri atau dikuasakan;
  • Melalui loket/antri atau langsung.
    4 Prosedur (Bagan Alir) Proses Penyelesaian Pelayanan

    5 Kompetensi Petugas
    - SDM di BLK-UKM Bojonegoro :
     
  1. Jumlah Instruktur :
  • Kejuruan Otomotif : 2 orang
  • Kejuruan Teknologi Mekanik : 5 orang
  • Kejuruan Listrik : 4 orang
  • Kejuruan Bangunan : 3 orang
  • Kejuruan Tata Niaga : 2 orang
  • Aneka Kejuruan : 2 orang
  • Kejuruan Pertanian : 1 orang
  1. Jumlah staf : 8 orang
    - Syarat Jabatan yang harus dipenuhi : PNS.
    - Klasifikasi pendidikan formal maupun informal : Minimal SLTP - SLTA untuk petugas pelayanan dan D3S1 untuk Instruktur.
    - Pendidikan dan Pelatihan :
  • Petugas pelayanan : Diklat Komputer, Diklat Marketing/Pemasaran, Diklat Kehumasan/ Komunikasi.
  • Instruktur : Diklat Instruktur sesuai kejuruannya, Diklat Metodologi.
    6 Sarana dan Prasarana Pelayanan
     
  • Gedung bengkel, gedung kantor;
  • Peralatan kantor, furniture;
  • Personil.
    7 Pelayanan Informasi dan Pengaduan
      Informasi dan pengaduan dapat disampaikan secara langsung atau melalui telepon/surat-menyurat, maupun internet dengan email address blk_ukm_bojonegoro@yahoo.co.id.
    8 Pemberian Kompensasi
     
  • Kompensasi tidak berupa uang;
  • Apabila terjadi keterlambatan waktu penyelesaian sertifikat, petugas akan mengantarkan langsung kepada alamat yang bersangkutan;
  • Apabila berkaitan dengan materi pelajaran, akan diganti dengan hari/jam pelajaran lain.