You are here > Home Articles - Ketenagakerjaan
Wed 27 Aug 2014
Ketenagakerjaan


Gubernur Jatim : Siapkan Goverment Guarantee Hadapi AEC 2015

Gubernur Jawa Timur-Soekarwo dalam dalam kaitannya dengan tema peringatan hari ulang tahun ke-69 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2014 ini, yakni “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung Suksesi Kepemimpinan Nasional Hasil Pemilu 2014 Demi Kelanjutan Pembangunan Menuju Indonesia yang Makin Maju Dan Sejahtera”, menyampaikan tantangan di tahun 2015, dimana Indonesia masuk ke dalam Asean Economic Community (AEC). Pada intinya, Soekarwo menekankan perlunya negara yang harus melindungi dan berpihak kepada masyarakat kecil apalagi untuk bersaing di pasar bebas Asean. Langkah yang bisa dilakukan dengan menstandarisasi produk dan SDM dari luar masuk ke Jatim. Selengkapnya berikut, beberapa catatan isi sambutannya.

Dalam hal ini, Provinsi Jatim tidak hanya siap dalam mengahadapi Asean Economic Community (AEC) 2015, namun juga harus mampu menjadikannya sebagai peluang. Untuk berperan dalam Asean Economic Community (EC) 2015, terdapat 4(empat) kunci pokok yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan formal dan akses kesehatan, peningkatan produktivitas tenaga kerja, peningkatan kualitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan peningkatan kemitraan produktivitas dengan provinsi lain. Jatim dituntut untuk memiliki daya saing yang kuat dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pentingnya peningkatan kualitas SDM dalam memasuki era persaingan ekonomi di tingkat ASEAN.


Ada 2 (dua) cara untuk menyiapkan tenaga kerja siap pakai, yaitu dengan meningkatkan rasio jumlah sekolah menengah kejujuran (SMK) dan sekolah menengah atas (SMA), yaitu 70 banding 30.    Yang kedua mengembangkan SMK mini, yaitu balai latihan kerja plus yang memiliki 9 (sembilan) bidang keahlian diantaranya teknologi dan rekayasa, agrobisnis, dan agroteknologi juga kesehatan, perikanan, dan kelautan, dengan mendirikan SMK mini, akan dicipatakan tenaga kerja yang siap untuk bertarung dalam Asean Ecconomi Community (AEC). Upaya tersebut untuk membuat tenaga kerja dari jatim memiliki standarisasi yang siap bekerja dan memiliki ketrampilan sesuai denagn kebutuhan pada pasar Asean Economi Community (AEC).

Sementara itu, peranan UMKM dalam persaingan bebas ekonomi Asean sangat penting karena sejumlah 11.117. 439 tenaga kerja bergerak di 6.825.931 usaha mikro, kecil dan menengah ini. Mereka harus dilindungi dan dipersiapkan secara matang, kalau tidak ingin kalah dalam pertarunagn ini. Jatim mengambil langkah memberi akses modal melalui Bank UMKM dan Bank tani.    Untuk Bank Tani akan dimulai tahun depan, yang bertujuan untuk menjamin kepastian tanam karena petani punya modal sehingga tidak lagi berhubungan dengan pengijon.

Dalam menjalin hubungan dagang antar provinsi . Kemandirian di bidang ekonomi salah satunya dengan memperkuat penguasaan pasar. Tujuan perwakilan dagang untuk menekan ongkos angkut, karena jika hanya mengirim barang yang dibawa maka ongkosnya menjadi mahal. Dan rakyatlah yang menerima harga mahal itu. Perdagangan dalam negeri jauh lebih besar dan penting dibanding ekspor luar negeri.

Dalam segi birokrasi, kita juga akan terus meningkatkan profesionalisme SDM untuk meningkatkan pelayanan publik. Salah satu yang kita lakukan adalah membangun pelayanan perijinan terpadu (P2T) yang memberikan kepastian syarat, waktu dan biaya bagi investor yang ingin menanamkan modal di Jatim, memberikan Goverment Guarantee bagi para investor diantaranya tersedia lahan power plan, perijinan yang dipermudah dan tersedianya tenaga kerja. Penguatan birokrasi dalam menghadapi Asean Economi Community (AEC) 2015 juga dapat dilakukan dengan mendorong pembanguan infrastruktur, sektor industri dan perdagangan, serta jasa. Sedangkan untuk penguatan birokrasi dalam bidang indutri dan perdagangan bisa dilakukan dengan memperkuat UMKM dan standarisasi produk. (Sumber : Sambutan Gub Jatim dalam HUT RI 69).

 

 
Disnakertransduk Jatim Sediakan Telepon Gratis di Counter TKI dan Sarana Online

Demikian disampaikan oleh Kadisnakertransduk Prov. Jatim - Dr. Edi Purwinarto, Msi sebagai bagian reformasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk penempatan dan perlindungan TKI asal Jawa Timur dan untuk meminimalisasi terjadinya pemberangkatan CTKI secara non prosedural.

Salah satunya yang sudah diterapkan adalah penyediaan layanan telepon gratis (bebas pulsa) di counter TKI djuanda Surabaya yang ditujukan bagi TKI yang telah selesai bekerja atau cuti yang kembali ke Jawa Timur. Sarana tersebut digunakan untuk membantu TKI dan petugas counter TKI menghubungi keluarga/kerabat atau penjemput. Dengan demikian selain layanan ruang transit,  maka bentuk perlindungang terhadap TKI diberikan berupa kejelasan dan kepastian penyediaan transportasi penjemputannya melalui penggunaan telepon bebas pulsa-gratis.

Selengkapnya...
 
Disnakertransduk Jatim bersama ILO Jajaki Pembentukan Bursa Khusus Bagi Difabel

Surabaya, 11 Agustus 2014. Disnakertransduk Prov. Jatim bersama ILO jajaki pembentukan Bursa Khusus Bagi kaum Difabel. Upaya tersebut terlebih dahulu dengan diadakan workshop tentang mekanisme koordinasi bursa kerja penyandang disabilitas dan pekerjasan yang layak bagi penyandang disabilitas di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya. (11/08/2-14). Hadir dalam workshop tersebut perwakilan perusahaan (apindo, hotel dan indutri sepatu), dinas tenaga kerja dan sosial, lembaga penyandang cacat, lembaga pendidikan yang peduli bagi penyandang cacat dan para penyandang cacat.

Dalam sambutannya, Kabid. Penempatan Tenaga Kerja (Mukadi, SH, Mhum) yang mewakili Kadisnakertranduk Prov. Jatim menyambut baik upaya ILO untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan akses pekerjan untuk penyandang disabilitas di Jawa Timur. Untuk itu, perlu didorong seluruh stakeholder duduk bersama untuk memetakan kebutuhan dan persediaan tenaga kerja khususnya untuk kaum difabel. Diharapkan dari hasil workshop ini akan terbentuk embrio Bursa Kerja Khusus Bagi Kaum Difabel di Jawa Timur, agar potensi dan produktivitasnya baik untuk profesi di sektor formal maupun informal,  dapat bermanfaat masyarakat, yang pada akhirnya mampu berkontribusi terhadap upaya pemerintah Jawa Timur untuk mengurangi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

Selengkapnya...
 
Pelayanan TKI Mudik di Bandara Juanda Tidak Ada Pungli

SURABAYA Terbongkarnya praktik pemerasan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) di Bandara Soekarno-Hatta membuat Bandara Juanda menjadi perhatian Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Disnakertransduk Jatim dan Aviation Security (Avsec) Juanda. Apalagi, gelombang kedatangan TKI dari luar negeri melalui Juanda selama masa mudik mendekati hari raya Lebaran beberapa waktu lalu termasuk tinggi.

Kepastian itu disampaikan Edi berdasar peninjauan langsung ke posko unit pelayanan penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (P3TKI) di jalur kedatangan Terminal Selatan (T2) Juanda pada akhir pekan menjelang Idul Fitri lalu.

Selengkapnya...
 
Bupati Resmikan Showroom Produk Latihan Kerja Situbondo - Ajak Siswa Pahami Kebutuhan Pasar

Swalayan Karya Mandiri BLK Situbondo diharapkan menjadi tempat belajar dan memotivasi siswa unit Pelayanan Teknis Pelatihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Selain memiliki kompetensi yang memadai, lulusan BLK juga diharapkan memiliki kemampuan memproduksi barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan pasar.    

Ketika meresmikan Swalayan Karya Mandiri BLK Situbondo, Bupati Dadang Wigiarto SH mengakui senang dengan berdirinya showroom hasil produksi siswa latihan kerja di wilayahnya. Keberadaan swalayan Karya Mandiri akan melengkapi upaya Pemkab Situbondo untuk mengembangkan usaha kecil dan mikro. “ Selama ini, produksi usaha kecil atau rumah tangga disini belum memiliki sarana permasaran yang baik. Kami berharap Swalayan Karya Mandiri bisa menjadi sarana promosi dan penjualan produk UKM di sini, termasuk tentu saja produk hasil pelatihan kerja,” katanya, usai menggunting pita sebagai tanda beroperasinya  swalayan.

Selengkapnya...
 
MulaiSebelumnya12345678910SelanjutnyaTerakhir

Halaman 1 dari 54

Menu Lain

Quick Link

 

Data Pengunjung

Kami punya 46 tamu online
DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Dukuh Menanggal 124-126 - Surabaya
Telp./Fax. : 031-8284078, 8280254
E-Mail : disnakerprovjatim@yahoo.com
- Sebaiknya Menggunakan Browser Mozilla Firefox Dengan Resolusi 1280 x 1024 -