You are here > Home Articles - Ketenagakerjaan
Thu 02 Oct 2014
Ketenagakerjaan


Untuk Turunkan Pengangguran, Disnakertransduk Jatim Gandeng BPWS, Diskop UMKM dan Disperidag Prov. Jatim

Surabaya, Senin 29 September 2014. Dalam acara apel bersama di halaman Disnakertransduk Prov. Jatim, telah ditandatangani MoU Kerjasama dengan Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) dan Nota Kesepahaman dengan Diskop UMKM dan Disperindag Prov. Jatim. Kerjasama tersebut dilakukan untuk perluasan lapangan kerja dan penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) serta sebagai tolok ukur keberhasilan pembangunan dan capaian Indikator Kinerja Utama dalam RPJMD Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2019. Mou Kerjasama Disnakertransduk Prov. Jatim dengan BPWS dilakukan dalam rangka peningkatan kompetensi dan ketrampilan kerja melalui pelaksanaan program pelatihan pada UPT Pelatihan Kerja (BLK) di lingkungan Disnakertransduk Prov. Jatim bagi pencari kerja di wilayah Madura khususnya dan Jawa Timur pada umumnya. Sedangkan Nota Kesepahaman dengan Diskop dan UMKM serta Disperindag Prov. Jatim ditujukan dalam rangka menjaga kelangsungan wirausaha bagi alumni peserta pelatihan di UPT Pelatihan Kerja melalui pembinaan manajemen serta industri dan pemasaran.

Dr. Edi Purwinarto, Msi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada BPWS yang sudah kali ke 3 memperpanjang kerjasama dengan Disnakertransduk Prov. Jatim untuk meningkatkan kualitas SDM di kawasan Madura. Pemerintah dan BPWS melalui pembangunan jembatan suramadu berharap Madura dapat berkembang dan meningkatkan kesejahteraannya sesuai keingan masyarakatnya berbasis potensi SDM dan SDA yang ada, untuk itu upaya peningkatan ketrampilan sangat dibutuhkan untuk bisa mengisi peluang kerja yang tersedia. Sedang dengan Dinkop dan UMKM serta Disperidag Prov. Jatim, lanjutnya, sinergi ini diharapkan bisa secara bersama-sama untuk menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) melalui pembinaan sector informal baik dari aspek manajemen, pemasaran dan meningkatkan status sebagai industri yang siap bersaing. Data BPS per Agustus 2013 jumlah yang bekerja disektor informal sebanyak 66.22%.

Selengkapnya...
 
Kemenakertrans Dukung Jaringan Bursa Kerja Online dengan SMK dan Perguruan Tinggi di Jatim

Surabaya, 23 September 2014. Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kemenakertrans RI – Tri Retno -menyampaikan sebagai upaya pengembangan jejanjing bursa kerja serta untuk lebih meningkatkan layanan informasi pasar kerja, Kemenakertrans bersama Disnakertransduk Jatim mendorong Bursa Kerja di SMK dan Perguruan Tinggi khususnya di Jawa Timur terkoneksi secara online. Sarana tersebut sangat penting untuk memberikan informasi lowongan yang actual dan cepat. Selain itu melalui sarana online, proses pertemuan antara pencari kerja dan perusahaan semakin mudah dan murah sehingga diharapkan terjadi penempatan tenaga kerja. Kemenakertrans telah memiliki fasilitas informasi pasar kerja online melalui www.infokerja.kemenakertrans.go.id. Diharapkan melalui kegiatan pemanduan kali ini, Bursa Kerja Khusus yang ada disatuan SMK dan Perguruan Tinggi di Jatim dapat terkoneksi.

Kadisnakertransduk Prov. Jatim-DR. Edi Purwinarto, MSi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas bantuan Kemenakertrans RI memberi pembinaan dan koneksi dengan Bursa Kerja Khusus yang ada di  Jatim. Terkait upaya peningkatan partisipasi angkatan kerja dan penyerapan tenaga kerja dalam prakteknya perlu dilakukan secara holistic dimulai dari sinergitas program antara dunia pendidikan dan dunia kerja atau dunia usaha. Disnakertransduk Prov. Jatim telah mengadakan Mou dengan Dispendik Prov. Jatim untuk meningkatkan kualitas SDM melalui sertifikasi, magang kerja dan pembinaan Bursa Kerja Khusus. Selain itu telah dicanangkan gerakan Pekan Pasar Kerja di bulan September.

Selengkapnya...
 
Pelepasan Lulusan Program D3 ITS - BLK Surabaya

Sebanyak 78 lulusan kejuruan Eelktro Industri dan Mesin Produksi Program Diploma 3 ITS Surabaya-BLK Surabaya, Kamis (18/9) dilepas oleh Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Drs Suhartoyo, mewakili Kepala Disnakertransduk Jatim DR Edi Purwinarto MSi. Acara pelepasan di aula Sumerareka BLK Surabaya ini juga disaksikan Dekan Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya DR Bambang Lelono dan sejumlah perwakilan pengusaha.

Selengkapnya...
 
Disnakertransduk Prov. Jatim Canangkan Gerakan Pekan Pasar Kerja

Kembali Dinas Tenaga Kerja,Transmigrasi dan Kependudukan Prov. Jatim membuat gebrakan baru yakni pencanangan pekan pasar kerja di Jawa Timur. Dikemas dalam kegiatan Bursa Kerja Bulanan yang diselenggarakan di Pusat Layanan Parir Terpadu (PLKT) Disnakertransduk Prov. Jatim, gebrakan tersebut ditujukan untuk memberi edukasi kepada masyarakat/pencari kerja bahwa setiap bulan September ada acara Pekan Pasar Kerja di Jawa Timur sebagai media penyediaan secara serempak terkait informasi lowongan kerja.

Kadisnakertransduk Prov. Jatim, DR.Edi Purwinarto, Msi menyambut baik gebrakan pencanangan pekan pasar kerja ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Prov. Jatim untuk mengurangi pengangguran. Masyarakat/pencari kerja ke depan pasca kelulusan dunia pendidikan akan mengetahui bahwa setiap bulan September, ada layanan pemerintah berupa pekan pasar kerja tersebut. Namun demikian, layanan bursa kerja, ke depan tantangannya akan minim tatap muka dan lebih banyak menggunakan sarana online. Harapannya dengan gerakan pekan pasar kerja ini, dapat mempercepat upaya-upaya pengurangan pengangguran. Untuk itu, kepada seluruh jajaran Disnakertransduk Prov. Jatim khususnya petugas pengantar kerja beserta mitra kerja di kab/kota diharapkan untuk paham dan mengoptimalkan layanan berbasis online tersebut.

Selengkapnya...
 
Layanan Penempatan TKI di Jatim melalui www.tkionline-jatim.com Cetak
Kamis, 18 September 2014 08:40

1. Kepada seluruh Kepala Dinas yang membidangi
Ketenagakerjaan di kab/kota
2. Ketua IEMSA/Apjati
3. Direktur PPTKIS/Kepala Cab.PPTKIS

Se Jatim

Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap CTKI/TKI secara online dan dengan terlaksananya Bimtek Bagi operator layanan TKI online, maka bersama ini diminta Saudara :

  1. Menetapkan 1(satu) orang tenaga operator yang sudah mengikuti Bimtek pelayanan penempatan TKI online.
  2. Penetapan tersebut dapat dikirim ke Disnakertransduk Prov. Jatim cq. Bidang Penempatan Tenaga Kerja paling lambat tanggal 8 September 2014 melalui fax 031-8281321 atau email Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya
  3. Pelayanan penempatan TKI online di launcing tanggal 5 September 2014, untuk itu layanan TKI online sudah berlaku efektif tanggal tersebut.
  4. Website pelayanan CTKI/TKI adalah www.tkionline-jatim.com

Demikian untuk menjadi perhatian, atas kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi
dan Kependudukan
Provinsi Jawa Timur

ttd

DR. EDI PURWINARTO, Msi
Pembina Utama Madya
NIP 195505251976031006

 
MulaiSebelumnya12345678910SelanjutnyaTerakhir

Halaman 1 dari 55

Menu Lain

Quick Link

 

Data Pengunjung

Kami punya 53 tamu online
DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
PROVINSI JAWA TIMUR
Jl. Dukuh Menanggal 124-126 - Surabaya
Telp./Fax. : 031-8284078, 8280254
E-Mail : disnakerprovjatim@yahoo.com
- Sebaiknya Menggunakan Browser Mozilla Firefox Dengan Resolusi 1280 x 1024 -